Minggu, 09 April 2017

Dampak Harga Emas Batangan Semakin Meningkat

Tak ada seorang pun dapat meramalkan kondisi finansial dimasa mendatang. Karena kehidupan itu seperti roda berputar, terkadang ada diatas, kadan juga di bawah. Oleh karena itu, saat keuangan Anda berada pada kondisi baik, harus dijaga dan mulailah menabung maupun berinvestasi. Harga emas batangan yang semakin tinggi bisa menjadi investasi bagus untuk masa depan. 

Anda bisa membeli emas disaat ada kelebihan uang dimasa sekarang dan menjualnya kala butuh uang dimasa mendatang. Anda takkan mengalami kerugian karena harganya setiap tahun selalu meningkat.  Emas memang pilihan tepat sebagai instrumen investasi. Sebab, selain mudah mengelolanya, prospeknya juga semakin cerah. Nah, berikut keuntungan dan kekurangan dari harga emas batangan yang selalu melambung. 

Keuntungan dari harga emas batangan yang terus meningkat 
1.       Bisa dicairkan dengan mudah
Anda tak harus menunggu waktu lama untuk mendapatkan uang jika mempunyai emas. Kapan saja memerlukan uang, langsung saja jual emas tersebut dan Anda akan memperoleh uang seketika. Berbeda dengan properti, saham yang perlu berbulan-bulan menunggu pembeli. 
2.       Bebas pajak
Kalau Anda memiliki emas, tak perlu membayar pajak seperti memiliki bangunan. Meskipun dibiarkan tetap harus membayar pajak, belum lagi jika terdapat instalasi listrik dan PDAMnya pasti juga membayar tiap bulannya. Tapi, jika mempunyai emas Anda hanya perlu menyimpannya saja di rumah atau tempat yang aman tanpa membayar biaya apapun.
Harga emas batangan yang terus meningkat, uang Anda dapat bebas dari inflasi. Pada beberapa tahun terakhir ini, kondisi ekonomi Indonesia tidak sedang bagus. Sehingga apabila ada sedikit guncangan dari luar, arus inflasi pun bisa melanda Indonesia. Karena itulah, investasi emas dirasa sangat aman dan terbaik. 

Kekurangan dari harga emas batangan yang terus meningkat
Memang sih ada keuntungan yang bisa diperoleh, tapi investasi itu diibaratkan seperti menanam pohon. Mungkin bisa untung ataupun malah mengalami kerugian. Nah, berikut ini beberapa kekurang dari harga emas batangan yang selalu meningkat : 
1.       Kemungkinan terjadi resiko kehilangan
Banyak orang yang tergiur dengan harga emas batangan yang meningkat itu. Bagi yang tidak punya cukup uang untuk membeli emas, bisa saja berpikiran buruk dan ingin mencuri. Maka dari itu, kemungkinan terjadi kehilangan apabila tempat menyimpannya tidak aman. Anda harus berhati-hati saat menyimpannya. 
2.       Harganya fluktuatif
Memang sih harganya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tapi Anda mesti tahu bahwa peningkatan itu nilainya sangat kecil dan waktunya belum tahu kapan terjadi. Memungkinkan Anda menunggu waktu lama untuk menikmati keuntungan dari investasi emas Anda. 
3.       Tidak memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia
Investasi emas tidak menyumbangkan manfaat apapun bagi perekonomian Indonesi. Berbeda dengan investasi properti yang menguntungkan negara atas pembayaran pajak tiap tahunnya. Jadi, sifatnya tidak sebatas menabung saja, melainkan juga membantu keuangan negara.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.